Selasa, 11 Januari 2011

JAMUS KALIMOSODO

Dikuitp dari Mas August Tutor 


JAMUS KALIMOSODO (jimad dalam diri, dalam jiwa)  

Kalimosodo atau Kalimasadha dalam Cerita Pewayangan istilah jamus kalimosodo terdapat dalam kisah pewayangan baratayudha, suatu jamus/surat yang ada tulisannnya tentang pengertian/kawruh. “barang siapa men...dapat kawruh ini ia akan menjadi raja atau mempunyai kekuasaan yang besar.

Jimad kalimosodo adalah nama sebuah pusaka dalam dunia pewayangan yang dimiliki Prabu Puntodewo atau Prabu Yudhistira (Samiaji) dari kerajaan Amartha, pemimpin para pendowo, yang selalu menang dalam peperangan dan akhirnya masuk surga tanpa kematian. Pusaka ini berwujud kitab, dan merupakan benda yang dikeramatkan di dalam kerajaan amarto, warisan dari Kyai Semar, Jamus Kalimasada adalah pusaka untuk menangkal kesengsaraan, nasib celaka, bebendu atau hukuman dari Tuhan. Jamus Kalimosodo diwahyukan kepada Pendawa Lima dan diteruskan kepada para puteranya. Jadi para putera Pendawa Lima merupakan pralampita, pengejawantahan dari panca indera manusia yang meliputi mata, hidung, telinga, lidah, dan kulit dan anggota badan.

Pertama adalah Sang Pretiwindya putera dari Prabu Yudhistira sebagai perlambang indera penglihatan, Sang Sutasoma, putera Sang Werkudara sebagai perlambang dari indera penciuman, ketiga yakni Sang Sutakirti putera Sang Arjuna sebagai perlambang indera pendengaran, ke empat yakni kembar Raden Nakula dan Raden Sadewa, putera Raden Nakula yakni Sang Satanika sebagai perlambang lidah sebagai indera perasa, dan Sang Srutakarma putera dari Raden Sadewa sebagai perlambang kulit dan seluruh anggota badan sebagai indera perasa pula.

Kelima putera tersebut dari satu isteri Pendawa Lima yakni Dewi Drupadi sebagai wujud retasan dari Yang Maha Kuasa (purbawisesaning gesang). Sehingga dapat diambil intisarinya yakni asal muasalnya panca indera tidak lain dari wujud ciptaan Sang Khaliq, Tuhan Yang Maha Kuasa, Sang Hyang Wenang, Gusti Kang Maha Wisesa. Tetapi, Sang Werkudara dari isteri Dewi Arimbi kemudian dikaruniai anak bernama Gatutkaca, selanjutnya sebagai perlambang dari pamicara. Pamicara atau bicara dengan bahasa manusia, bukanlah kewenangan Sang Hyang Wenag, purbawasesaning gesang hanya menciptakan suara untuk makhluknya, tidak menciptakan bahasa manusia. Bahasa atau bicara, wicara, merupakan hasil karya peradaban manusia, sehingga Gatutkaca bukan menjadi putera Werkudara dengan Dewi Drupadi, tetapi dengan Dewi Arimbi. Sang Werkudara sendiri merupakan perlambang hawa atau udara, maka Gatutkaca adalah putera Werkudara dengan Dewi Arimbi, bukan dengan Dewi Drupadi. Artinya, bahwa nafas dan suara asalnya dari hawa atau udara. Maka jika mulut dubungkam, dan hidung ditutup, pasti tidak akan bisa bicara.

Versi Sunan Kalijaga Ketika agama Islam datang ke Indonesia, bahkan oleh salah satu wali songo (sembilan wali) - Sunan Kalijaga - wayang dijadikan alat untuk penyebaran agama Islam yang memasukkan unsur Islam dalam kandungan cerita Mahabharata, sebagai contoh : Puntodewa atau Yudistira sebagai raja di Amartapura mempunyai jimat yang bernama "Jamus Kalimasada" yang merupakan pegangan atau lambang keunggulan sebagai raja diterjemahkan sebagai "Kalimat Sahadat" yang melambangkan keunggulan Islam sebagai pegangan hidup dengan pengakuan "tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad sebagai utusanNya". Konon diceritakan Puntadewa belum bisa meninggal sebelum ada yang bisa menjabarkan jimat "Kalimasada" yang kemudian dalam pertapaannya bertemu dengan Sunan Kalijaga di hutan Ketangga yang menjabarkan "Kalimasada" sebagai "Kalimat Sahadat" dan yang meng-Islamkan Puntodewa atau Yudistira yang kemudian bisa menemui ajalnya dalam Islam (apabila dipikirkan secara "rational" tentu saja tidak masuk akal karena Puntadewa bagaimanapun adalah produk dari budaya Hindu tentu saja ini adalah kepandaian dari walisongo untuk meng-Islamkan masyarakat yang pada saat itu masih mayoritas Hindu). Dalam hal seberapa besar Islam betul betul secara effektif mempunyai pengaruh yang besar dalam "wayang purwo atau kulit" masyarakat Islam masih banyak meragukan, oleh karena itu ada sebagian masyarakat Islam bahkan mengharamkan "wayang purwo atau kulit" yang jelas nafas Hindunya atau Jawanya lebih menonjol dibandingkan dengan nafas Islamnya, lepas dari kenyataan bahwa "wayang purwo atau kulit" masih tetap digemari masyarakat Jawa yang Islam maupun yang bukan Islam. Kalimosodo atau Kalimasadha dalam Budaya Jawa.

Ada beberapa versi yang menginterpretasikan JAMUS KALIMOSODO

1. ada yang menginterpretasikan 2 kalimah syahadat.
2. ada yang menginterpretasikan lahirnya pancasila.
3. ada yang menginterpretasikan tokoh pewayangan pandawa lima apakah semua nya salah? tentu tidak… karena cara pandang setiap orang tidaklah sama.. hal yang terpenting adalah jangan sampai kita kehilangan ISI/makna dari Jamus Kalimosodo… sebagai orang yang berpengertian jawa yang mendapatkan warisan dari leluhur Jawa, pengertian jamus KALIMOSODO secara singkat adalah : Kalimasada (Kalima usada atau jajampi wari gangsal) lima macam ‘jamu’ atau lima macam tindakan (lelampahan gangsal ) yang harus dilakukan setiap orang agar mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat (kawilujengan). Lima macam tindakan tersebut adalah :
1. Suci = setia, jujur.
2. Sentausa = adil paramarta. Tanggungjawab.
3. Kebenaran = sabar, belas kasih, rendah hati.
4. Pintar/kepandaian = pandai ilmu, pandai mengenakkan hati sesama, pandai meredam hawa nafsu.
5. Kesusilaan = selalu sopan-santun, teguh memegang tatakrama Langkah Kelima perkara tadi tidak boleh diabaikan salah satunya. Jadi harus dilakukan serempak bersama-sama, atau diistilahkan Jawa; ayam kapenang. Sebutan ayam kapenang tersebut kemudian digunakan sebagai paugeran atau patokan yang menjadi petunjuk hidup.

Dalam pewayangan, ayam kapenang tersebut menjadi perwujudan watak masing-masing Satria Pendawa Lima. Sehingga disebut sebagai ayam kapenang artinya telur ayam sak petarangan, yang mengandung maksud; pecah satu maka akan pecah semua. Ini untuk membahasakan guyub rukun nya para kesatria Pendawa Lima dalam tali persaudaraan, ada yang mati satu maka yang lain pasti akan membelanya. Langkah Lima perkara tersebut harus dijalankan secara kompak bersama-sama, jika salah satu tidak jalan maka akan mengalami kegagalan. Seumpama, walaupun sudah menjalankan kesetiaan, kesentausaan, kepandaian, kesusilaan, tetapi buta akan kebenaran sudah tentu tidak menjadi manungso pinunjul. Kebenaran dilupakan, artinya tidak memahami akan benar salahnya tindakan, perbuatan, dan pekerjaan. Maka kesetiaan dan kesantausaannya hanya untuk mendukung kepada perbuatan, tindakan, pekerjaan yang tidak benar. Kepandaian dan kesusilaannya juga hanya untuk membodohi (baca;Jawa; minteri) orang lain. Perbuatan demikian yang menjadikan musabab menganggap enteng segala bahaya dan resiko, yang tidak bisa ditolak hanya dengan doa, justru sebaliknya, niscaya manusia akan jatuh dalam duka dan kesengsaraan.

Arti KALIMASADA terdiri dari beberapa bagian: Ka = huruf atau pengejaan Ka Lima = angka 5 Sada = lidi atau tulang rusuk daun kelapa yang diartikan Selalu Jadi kelima ini haruslah utuh(selalu 5). Kelima unsur kalimasada teridiri dari :
1. Ka Donyan (Keduniawian) ojo ngoyo dateng dunyo yang arti singkatnya adalah jangan mengutamakan hal yang bersifat duniawian, kebutuhan duniawi kita kejar tapi jangan diutamakan.
2. Ka Hewanan ( sifat binatang) ojo tumindak kaya dene hewan, cotoh : asusila. amoral, tidak beretika dll.
3. Ka Robanan, Ojo ngumbar hawa nafsu yang arti singkatnya jangan memelihra hawa nafsu, nafsu itu harus dikendalikan.
4. Ka Setanan Ojo tumindak sing duduk samestine yang arti singkatnya jangan bertindak yang tidak semestinya, contoh: gengsi, sombong (ingin seperti Gusti), menyesatkan, berbuat licik dll.
5. Ka Tuhanan artinya kosong Gusti Allah iku tan keno kinoyo ngopo nanging ono yang artinya Gusti Allah tidak dapat diceritakan secara apapun tapi toh ada.

Gantharwa adalah salah satunya yang diberikan “pusaka” mewarisi warisan dari leluhur Jawa. Pengertian Asli dari jamus kalimosodo di atas adalah isi murni dari pengertian sebenarnya, setiap orang boleh membungkusnya dengan bungkus apapun tetapi jangan sampai kehilangan makna aslinya. Karena pengertian di atas adalah pengertian sebenarnya dari jamus kalimusodo…

9 komentar:

  1. kyaknya masih belum itu mas,,,, maafea.

    BalasHapus
  2. Senjata pamungkas pandawa lainnya tolong dikupas. Juga senjata adipati karna. Suwun...

    BalasHapus
  3. Tata cara nya GK da ya?
    Ajian nya pun gak da

    BalasHapus
  4. bismillah semoga bisa mengikuti contoh di atas🤲

    BalasHapus
  5. Jamus,
    Raja-Mustika, sebagai arti mustika raja.
    Jaya-Mustoko, kekuatan berpikir.
    Kalimo=5 Sodo=12 atau (17).
    Pandawa itu berjumlah (5) yg ke 1,2,3 ibunya bernama Dewi Kunti. Anak ke 4,5 Dewi Madrim.
    Pada anak ke 1,2,3 Dirumus jumlah menjadi (6).
    Anak ke 4,5 dijumlah (9). (6+9)=15.
    Orang tua sebagai Pandu-Dewi Kunti-Dewi Madrim merumakan rumusan (1-1-1, Baca: 111).
    Yg memiliki kitab Jamus Kalimo Sodo adalah : Abi Manyu.
    Abi arti Arab=Bapak. Man-Manusia. Nyu=Banyu=air lambangbya (4). Bpknya manusia ke 4. Rasul ke 4.

    BalasHapus
  6. Titanium Price Per ounce - The best price for each ounce
    How much can you ti89 titanium calculators sell titanium trim as seen on tv in an ounce? It may seem difficult to find titanium exhaust tubing value chi titanium flat iron in these prices. But at the peak how much is titanium worth of

    BalasHapus